Backpacker di Jakarta? Bisa!

Seseorang yang suka bepergian bisa menyebut dirinya backpacker atau traveler. Pada intinya tetap sama, melakukan perjalanan ke kota atau daerah tertentu. Mencoba berinteraksi dengan penduduk setempat dan mengunjungi tujuan-tujuan wisata khas daerah tersebut.

Perbedaannya adalah di anggaran yang akan dikeluarkan ketika melakukan perjalanan tersebut. Backpacker, biasanya mereka yang bepergian menggunakan ransel atau tas punggung yang besar. Meringkas semua kebutuhan perjalanannya dalam satu tas ransel besar. 

Mereka cenderung memilih tempat-tempat yang berbiaya murah, penginapan murah di kota yang sedang dikunjungi. Bahkan, mereka tidak segan untuk tidur di tempat umum jika diperbolehkan oleh pihak berwenang setempat. Mereka akan memilih moda transportasi termurah meski harus naik dan turun berkali-kali. Daya juang mereka biasanya lebih tangguh.

Karena anggaran yang dibuat sehemat mungkin para backpacker biasanya mudah beradaptasi dengan penduduk setempat. Tidak membutuhkan waktu lama untuk para Backpacker bisa berbaur dengan masyarakat.

Para Backpacker biasanya mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya jika hendak mengunjungi sebuah tempat, agar tidak mudah tertipu.

Berbeda dengan traveler, esensiinya memang sama-sama melakukan perjalanan. Namun anggaran mereka biasanya lebih leluasa dan tidak identik dengan ransel. Para traveler tidak selalu menghemat biaya perjalanan. Bahkan tidak segan untuk menyewa penginapan yang sedikit mahal di suatu kota. 
Mereka juga tidak segan memilih moda tranportasi yang lebih mahal, asalkan lebih nyaman atau lebih memuaskan dari yang biasanya.

Perbedaannya hanya dibudget perjalanan, karena baik backpacker atau traveler sama-sama melakukan perjalanan, sama-sama mengunjungi tempat-tempat khas di suatu daerah, dan sama-sama mencoba berinteraksi dengan penduduk setempat.

Melakukan perjalanan itu identik juga dengan mengunjungi daerah-daerah, tetapi sesekali perlu juga mengunjungi kota besar. Untuk merasakan atmosfer kesibukan metropolitan dan mempelajari prilaku masyarakatnnya yang cenderung hedonis.

Jakarta misalnya, tetap tempat menarik untuk dikunjungi dengan kemajemukan masyarakat dan tempat-tempat yang beraneka ragam. 

wikipedia.org
Jangan mengira di Jakarta hanya ada hotel-hotel mahal bintang lima. Banyak hotel dengan fasilitas bagus, meski tidak selalu ada di kawasan yang strategis.

favehotels.com

Namun di kawasan Kemang, salah satu kawasan yang ramai dan banyak dikunjungi wisatawan, terdapat Favehotel Kemang yang bisa kamu pesan di sini. Hotel murah tetapi memiliki fasilitas yang 
bisa diadu dengan hotel sekelas lainnya. 

Tidak jauh dari Fave Hotel terdapat beberapa bar dan restoran dengan beragam menu yang ditawarkan. Anda tinggal memilih apa yang ingin dinikmati dalam perjalanan Anda.

favehotels.com
Lokasinya yang berada di Jalan Kemang I No. 6, Jakarta Selatan cukup dekat dari Stasiun Kalibata, hanya sekitar 6 Km atau 30 menit perjalanan tanpa macet. Tapi cukup jauh dari terminal Kampung Rambutan, terminal bus menuju luar kota, jaraknya sekitar 17 Km. Sementara dari Bandara Soekarno-Hatta waktu tempuh bisa mencapai 2 jam perjalanan jika ditambah dengan kemacetan Jakarta.

Jika suatu hari nanti Anda berniat membuat perjalanan ala backpacker –bebiaya rendah dan hemat-, mengunjungi suatu kota yang belum pernah Anda datangi sebelumya, berikut ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk perjalanan Anda.


1. Selalu update informasi maskapai pesawat terbang dan hotel di kota tujuan
2. Agar lebih murah, cobalah beli tiket jauh hari ssebelum jadwal keberangkatan
3. Agar aman, jangan memakai benda-benda yang menggundang perhatian
4. Tetap waspada
5. Agar tidak mudah tersasar dan mudah menentukan destiansi kunjungan, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk referensi
6. Agar tidak mudah dimangsa para penipu, Anda harus terlihat nyaman dan meyakinkan dalam perjalanan. Jangan bersikap seolah seperti orang bingung, agar tidak mudah ditipu.
7. Bergabung dengan komunitas backpacker atau traveler, bisa juga bergabung dengan komunitas backpacker di kota yang dituju agar bisa mendapatkan penginapan dan informasi ala guide yang gratis.

wikipedia.org
Jika tujuan perjalanan Anda sudah bisa dipastikan, ada hal-hal yang harus dilakukan sebelum keberangkatan, seperti: Tempat yang paling menarik untuk dikunjungi, penginapan murah di kota tersebut, transportasi ke beberapa tempat tujaun, lokasi makanan halal jika yang dikunjungi adalah tempat muslim menjadi minoritas.

Menjadi backpacker atau traveling, tidak akan jauh berbeda selama semuanya dilakukan dengan hati-hati dan pikiran terbuka untuk segala informasi baru. Happy traveling!

No comments:

Post a Comment