Barang Diskonan

Hari ke-12 puasa. Apa yang telah kalian lakukan? Kalo aku sih bernafas.

Alhamdulillah, akhirnya lebaran sebentar lagi.  Dengan waktu yang udah deket lebaran, saatnya beli baju-baju lebaran! Uhuy!

Menjelang hari lebaran, beredar kabar gembira. Yang pasti bukan kulit sunat sekarang sudah ada ekstraknya. Semua toko menjelang lebaran memberikan diskon. Kenapa semua toko terlihat memberikan diskon? alasannya Mungkin ingin cuci gudang, mungkin supaya harganya bersaing, atau mungkin tidak ingin kalah dari toko lainnya. Dan setiap toko-toko yang aku datangin, aku ngeliat harga setelah di diskon kok tetap mahal? atau jangan-jangan harganya udah dinaikin terus didiskon deh. Siapa yang tau?

Harganya juga dibedain seribu gitu. Itu buat apa coba? Contohnya kemarin aku ngeliat baju di Sports Station harganya 199 ribu. Itu cuma beda seribu menuju 200 ribu. Tapi sebagian dari kita pasti mikirnya 'Eh beli baju ini ah, harganya 100 ribu-an'. Yang paling ketara sih kalo udah angka jutaan. Pernah aku liat di tv sebuah iklan yang menjual segala macam alat, contohnya Innovation Store. Harganya nanggung-nanggung. Misalnya harga blender Grand Power Juicer harganya Rp. 3.999.999. Itu hanya terpaut 1 rupiah menuju empat juta. Tapi sebagian kita pasti terbesit di pikiran bahwa harganya itu sekitar 3 jutaan. Ternyata harga juga bisa pencitraan.
***

Mamaku merupakan orang yang sangat jeli terhadap dunia ke-disko-nan (bukan disko). Tiap ngeliat ada bacaan diskon, pasti selalu datang ke toko tersebut dan langsung membelinya. Padahal, barang tersebut sedang tidak dibutuhkan.

Contohnya dua minggu yang lalu. Waktu itu, aku, mamaku, dan adikku sedang jalan-jalan di salah satu mall di Bandung. Sebut saja namanya Ciwalk (sebenarnya memang ini). Niat pergi kesana sebenarnya hanya untuk sekedar makan-makan saja. Sebelum makan, mamaku ngambil uang di ATM. Kebetulan di depan ATM itu adalah Sports Station, jadilah mamaku terpengaruh untuk datang dan liat-liat bentar. Terlihat tulisan terpampang dengan Indah "DISKON 50%". Mamaku pun langsung bergerak kesana. Ternyata yang diskon itu adalah tas Reebok seharga 500 ribu, setelah didiskon harganya 250 ribu. Dengan alasan 'Oh ya, tas mama untuk pergi ke kampus udah rusak', terbelilah tas itu. Padahal sebenarnya, tas tersebut tidak terlalu penting untuk dibeli. Bagaimana kalau semua barang di dunia ini didiskon?

'Ma, ngapain beli jaket?'
'Mungkin aja nanti butuh'
'Ma, ngapain beli tang?'
'Kali aja butuh..'
'Ma, ngapain beli Powerbank?'
'Kali aja but...'
'Mama kan gak punya hape?'
*Hening*

Aku juga pernah ngalamin yang namanya PHP diskon. Tempatnya di Sport Station juga. Aku ngeliat ada tuliskan diskon 50%. Setelah mau ke kasir, eh rupanya diskon 50% itu berlaku jika beli dua item yang merk-nya sama. Langsung sakit hati dengarnya. Sakitnya itu, disini...... *nunjuk dada*

Semoga semua toko ngasi diskon 50% tanpa syarat menjelang lebaran ini. Hidup baju diskonan! Hidup rakyat Indonesia! eh ngomongin rakyat Indonesia, kemarin rakyat Indonesia baru saja melaksanakan Pemilu. Sebagai rakyat Indonesia yang baik, aku turut serta ikut. Menjelang ke TPS, aku tiba-tiba jadi benci sama Prabowo. Sampai di TPS, kuluapkan kebencianku disana. Kucoblos mukanya :)

Semoga Pemilu kali ini damai, dan kita tunggu hasil resmi KPU tanggal 22 Juli 2014! Hidup barang diskonan! Hidup rakyat Indonesia! Hidup mahasiswa! *kemudian bakar ban*