Sekarang dan Dulu Itu Berbeda

Semua orang pasti pernah ngalamin yang namanya jatuh cinta. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) cinta didefinisikan sebagai sayang benar, ingin sekali, berharap, rindu, dan terpikat. Sedangkan jatuh didefinisikan sebagai turun ke bawah dengan cepat. Bisa disimpulkan bahwa jatuh cinta ini adalah perasaan sayang yang ingin berharap hingga turun ke hati dengan cepat #halah

Cinta, lima huruf yang bisa mewarnai dunia tanpa cat, cinta yang bisa merusak hati tanpa penyakit, cinta yang bisa buat jadi gila tanpa Ran. Semua manusia pasti pernah merasakan jatuh cinta. Termasuk aku. Aku ingat pertama kali jatuh cinta itu waktu SD. Saat itu aku melihat rambutnya yang di ikat ponytail, mata indahnya, sifatnya, kerajinannya, tak lupa pula kumisnya (ngerih). Ya pokoknya dia adalah seorang cewek. Tapi, itu adalah hanya perasaan anak SD yang lugu. Kita tidak bisa mengungkapkannya karena takut di "CIE CIE" kan oleh teman sekelas jika mereka tahu. Tapi setidaknya mereka tulus terhadap perasaan mereka.

Ngomong-ngomong tentang anak SD, anak SD jaman sekarang itu udah beda dengan yang jaman dulu. Jaman udah berubah. waktu aku SD dulu, aku sama sekali gatau apa itu Laptop. Paling banter cuma tau Tank-top punya kawan yang tembus pandang. Nggak tau komputer, Internet, dan sebagainya. Dulu pun uang jajan masih dua ribu. Coba kita lihat sekarang. Anak SD jaman sekarang beda dari yang dulu. Uang jajan nya pun kadang ada yang melebihi uang jajan anak SMA. Kalo dulu, mainanku main guli, main gasing, main cas-cas an (main kartu yang ada gambar upin-ipinnya kemudian ditepuk) Eh, dulu belum ada Upin-Ipin deng....

Kalo sekarang, anak SD ada yang main PSP, main Gameboy, main Blackberry main Laptop, dan yang lebih mengejutkan ada yang main IPad....

Dulu, anak SD kalo suka sama cewek diam-diam aja. Kalo sekarang anak SD udah berani nembak cewek. Aku punya keponakan yang masih duduk di SD kelas 2. Namanya Ivan. Dia udah seperti adek kandungku sendiri. Si Ivan manggil mamaku pun dengan sebutan mama juga.

Jadi, waktu dia dijemput ayah nya waktu pulang sekolah, si Ivan ini sering cerita-cerita waktu disekolah. Biasalah anak SD. Dia cerita sama ayahnya kalo dia ada suka sama teman sekolahnya. Namanya Kesya.

Ivan : "Yah, Ivan suka sama kesya yah. si Kesya Juga suka sama ivan"
Ayah Ivan : "Anak SD kok udah suka-sukaan, Jadi cepat besar lo"
Ivan : "Ivan boleh pacaran yah?"
Ayah Ivan : "Van van.... masi SD kelas 2 udah mau Pacaran disunat aja belum"
Ivan : "Kalo gitu kelas 3 Ivan sunat ya yah"

Jaman sekarang, anak SD udah berani bilang suka-sukaan. Gaktau juga kenapa bisa secepat ini perubahannya, mungkin karena efek Globalisasi.

Kapan terakhir kalian merasakan yang namanya jatuh cinta? Apakah kalian tidak pernah merasakan itu lagi? Atau kalian hidup anti sosial sehingga tidak bisa jatuh cinta? Kalo aku sih terakhir kali waktu SMA. Jujur, saat ini gak ada orang yang bisa aku sukai lagi. Mungkin karena di kampus aku hanya datang buat kuliah, terus balik ke kos-an. Intinya sih gapernah terlalu akrab dengan yang namanya cewek. Semoga aku gak terpengaruh dengan cowok...

Mungkin, diantara kalian pasti ada yang kepingin sendiri. Tapi dengan alasan tertentu kalian lebih milih untuk tidak sendiri. Bisa saja kalian hanya ingin mendapatkan "Status" agar lebih terpandang aja di mata teman-teman kalian. Kalo tujuan kalian hanya itu, kalian kalah sama anak SD. Walaupun anak SD masih kecil, setidaknya mereka jujur dengan perasaan mereka.

Saat ini, aku lebih memilih sendiri. Alasan utamanya gak ada cewek yang mau sama aku. Menjadi sendiri itu enak, bebas, tidak bisa dipengaruhi oleh siapapun. Menjadi sendiri itu lebih hemat pulsa, uang jajan, dan emosi. Pesan saya, putusin pacar kalian. Kebebasan menanti kalian... 

Bagaimana perubahan yang kalian alami sekarang?