Acara TV dan Iklan Yang Muncul Ketika Bulan Ramadhan

Banyak perubahan-perubahan  yang muncul ketika menjelang bulan Ramadhan. Salah satunya adalah mengenai iklan dan acara di TV. Iklan-iklan yang muncul adalah seperti iklan sirup, obat masuk angin, pasta gigi, hingga iklan obat maag. Satu hal yang pasti, Dedi Mizwar tidak akan jadi bintang iklan obat sakit maag lagi, karena dia sekarang sibuk dengan tugasnya menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat.

Kenapa iklan sirup itu turut ramai hanya ketika bulan Ramadhan saja? Padahal sirup itu bisa diminum kapan aja, walaupun sebelum makan. Apakah omset penjualan sirup akan naik di bulan puasa? Ya, mungkin saja. Karena di bulan puasa, kita di suruh memakan makanan dan meminum minuman yang manis. Kalo aku sih simple aja. Gak perlu beli sirup untuk meminum minuman yang manis. Tinggal minum air putih sambil berdiri di depan kaca. Air putih pun akan berubah menjadi manis. Baik, yang mau muntah silahkan muntah. Contoh iklan sirup yang merajalela di bulan Ramadhan adalah Marjan, Markisa Pohon Pinang, Sirup ABC, dan lain-lain.

Ada juga iklan rokok yang muncul ketika bulan puasa. Sebelum bulan puasa, biasanya iklan rokok menampilakan sisi kejantanan seorang pria (ingat, bukan kejantanan yang itu). Lihat aja iklan yang mendaki tebing dengan tagline "My Life My Adventure", terus ada iklan pesawat yang mendarat di laut (ini keren banget), malahan ada juga iklan rokok yang bintangnya gesit berlari. Padahal, dalam kenyataanya, merokok itu membuat nafas kita menjadi pendek! darimana gesitnya coba?

Untuk menggantikan iklan rokok yang gesit dan keren itu, biasanya di bulan Ramadhan, iklan rokok akan menampilkan sisi islaminya. Seperti iklan rokok Djeram (disensor), iklannya biasanya membuat kita terbawa dengan suasana Ramadhan. Masih ingat lagu Ebit G. Ade yang: Perjalanan ini~ Terasa sangat menyedihkan~ Sumpah, kalo dengar lagu itu perasaan langsung adem, dan pastinya langsung terbawa suasana Ramadhannya. Pokoknya, iklan Djeram yang muncul di bulan Ramadhan pasti selalu ada hikmahnya.

Yang paling nggak banget itu acara lomba masak yang tayang ketika bulan Ramadhan. Contohnya Mistersep. Tahun lalu, acara ini muncul di bulan Ramadhan. Mungkin acara ini bakal muncul juga di tahun ini, tapi tahun ini khusus Mistersep yang junior. Setiap menonton acara ini, aku pasti menjadi tidak fokus. Ada dua penyebabnya, tidak fokus puasanya karena ngeliat makanan dan tidak fokus kepada Chef Marinka yang gede........ Ah, sudahlah.

Cewek yang pandai masak tingkat kecantikannya naik 97,5%

Di sisi industri entertainment, musik dan film pun terkena imbasnya. Para artis dan penyanyi kita biasanya membuat lagu bertemakan islami atau biasa disebut religi. Masih ingat dengan lagu Jangan Menyerah-nya d'Masiv? atau  lagu Andai ku tahu-nya Ungu? Lagu-lagu tersebut dikeluarkan menjelang datangnya bulan Ramadhan. Aku sih kepinginnya  JKT48 buat lagu religi. Ntar mereka nyanyi lagu Fortune Cookie menjelang Maghrib. Pake jilbab. Tapi celananya Hot Pants. Ya enggaklah....

Kalo udah datang bulan puasa, pasti banyak acara komedi yang ditayangkan ketika sahur.Acaranya juga begitu-begitu saja. Melawak pake tepung sama buat kuis. Pertanyaan kuisnya pun nggak berbobot. Contohnya:
Apa gambar yang terdapat di Lawak White Coffee?
A. Luwak
B. Babi
Semua orang di dunia ini juga udah tau kalo jawabannya A. Mbak-mbak Alfamart yang pake jilbab tapi lengan bajunya pendek pasti udah tau juga. Udah sengaja dibuat soalnya gampang, supaya semua yang nelpon bisa nge-jawabnya.

Film-film pun banyak muncul di TV. Contohnya sinetron-sinetron yang memang khusus dibuat ketika bulan Ramadhan. Tujuan dibuatnya sinetron ini hanya satu, membuat ibu-ibu menonton. Judulnya pun beragam. Ada tukang bubur naik kelas, emak ijah pengen naik pesawat, dan lain-lain.

Ada yang mau nambahin acara-acara di TV lainnya di bulan puasa? Komen ya dibawah :D

No comments:

Post a Comment