3 IDIOTS

Film ini film bikinan India, pemeran utamanya adalah Aamir Khan sebagai Ranchoddas Shaymaldas Chajaad, atau yang biasa disapa sebagai Rancho.

Rancho, yang melanjutkan bangku kuliah di Imperial College of Engineering (ICE), bertemu dengan dua orang yang menjadi sahabat baiknya: Farhan dan Raju. Bertiga, mereka menjalani masa-masa kuliah yang berat demi menjadi seorang engineering yang handal. Tetapi hidup mereka di ICE tidak mudah karena ada seorang mahasiswa cupu culun pintar bernama Chatur dan rektor mereka yang sadir berna aViru Sahastrabhuddi (yang biasa dipanggil Virus). Walaupun berat dan menemukan banyak masalah (membuat masalah, lebih tepatnya), mereka masih tetap bisa bersenang-senang karena sifat Rancho yang humoris. Selain mereka, ada juga Pia yang adalah putri Virus dan Milimeter, cowok yang bekerja di ICE sebagai cleaning service (dan sangat hafal dengan pidato tahunan Virus untuk mahasiswa-mahasiswa baru).
Suatu hari, Rancho, Farhan, dan Raju membalas dendam kepada Chatur yang menyebabkan Raju terpaksa berpisah kamar dengan Rancho-Farhan. Berkat kecerdikan Rancho, mereka mengganti isi pidato berbahasa India milik Chatur (dia nggak bisa bahsa India, bisanya bahasa Inggris) yang harus dibacakan di depan umum. Karena tidak memahami isi pidatonya dan hanya menghafal, Chatur tetap membawakan pidatonya dengan cerah-ceria. Ketika akhirnya ia tahu apa yang telah ia ucapkan (karena ia dihajar oleh Virus), ia pun bersumpah di hadapan Rancho, Farhan, dan Raju bahwa pada tanggal yang sama (5 September), 10 tahun ke depan, ia akan membuktikan pada mereka bertiga siapa yang akan menjadi lebih sukses.
Sepuluh tahun telah berlalu sejak kejadian tersebut. Chatur bertemu dengan Raju dan Farhan. Tetapi di mana Rancho? Dan mereka bertiga pun memutuskan untuk mencari Rancho....
Filmnya dibuat dengan alur maju-mundur. Di awal film diceritakan mereka bertiga bertemu di atap menara ICE untuk mengingatkan sumpah Chatur pada Rancho, Farhan, dan Raju. Nah, selama mereka melakukan perjalanan untuk mencari Rancho, flashback tentang kisah-kisah mereka selama berkuliah di ICE pun diceritakan. Film ini juga tidak hanya berbumbu komedi. Ada banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini seperti persahabatan dan bahwa menjadi apa yang kita inginkan adalah hal yang penting. Lalu ada satu quote menarik yang muncul di sepanjang film. Kata Rancho, letakkan tangan kanan di atas jantung dan teriakkan:yg artinya semua akan baik baik saja. film yang sangat bagus untuk ditonton.
Kemudian, nggak seperti film India kebanyakan, di sini nggak terlalu banyak joged-jogednya. Palingan cuman di beberapa scene aja, dan jogednya tuh lucuuu~ unyuu :3 Kayak pas joged-joged sama si Pia dan pas joged-joged di kamar mandi.

Sumber: kikinsays.blogspot.com/2010/04/blog-posting-19-about-3-idiots.html